Galaksi Megamaser Hubble

galaksi-megamaser-hubble-informasi-astronomi
Kredit: ESA/Hubble & NASA

Fenomena yang terjadi di luar angkasa memancarkan radiasi yang mencakup keseluruhan spektrum elektromagnetik, dari sinar gamma berenergi tinggi, yang dihasilkan oleh aktivitas kosmos paling energik, hingga gelombang mikro berenergi rendah dan gelombang radio.

Gelombang mikro, radiasi serupa yang memanaskan makan malam kita (microwave), dihasilkan oleh berbagai sumber astrofisika, salah satunya adalah emitor yang disebut masers (microwave lasers), hingga emitor superkuat yang disebut megamaser dan wilayah pusat dari beberapa galaksi. Pusat galaksi yang sangat terang dikenal sebagai inti galaksi aktif. Wilayah ini dikendalikan oleh lubang hitam supermasif yang menghisap segala material di sekitarnya, sehingga memancarkan radiasi dan berkas sempit (jet) sangat terang.

Dua galaksi dalam gambar yang diabadikan oleh Teleskop Antariksa Hubble NASA/ESA, diberi kode MCG+01-38-004 (atas, yang berwarna agak merah) dan MCG+01-38-005 (bawah, yang berwarna biru). MCG+01-38-005, yang juga diberi kode NGC 5765B di New General Catalogue, adalah galaksi megamaser atau inti galaksi aktif yang memompa energi dalam jumlah besar, dan menstimulus awan penyusun air di sekitarnya. Atom-atom penyusun air, hidrogen dan oksigen, mampu menyerap sebagian energi dan memancarkannya kembali pada panjang gelombang tertentu, termasuk panjang gelombang mikro, tidak terlihat oleh Hubble namun dapat dideteksi oleh teleskop gelombang mikro. MCG+01-38-005 dikenal sebagai megamaser air!

Para astronom dapat menggunakan objek semacam itu untuk menyelidiki sifat fundamental alam semesta. Emisi gelombang mikro dari MCG+01-38-005 digunakan untuk menghitung nilai konstanta Hubble atau laju ekspansi alam semesta secara akurat. Konstanta dan teleskop antariksa kolaborasi NASA/ESA menyandang nama astronom legendaris Edwin Hubble yang berperan besar atas penemuan ekspansi kosmos.

Ditulis oleh: Staf ESA (Badan Antariksa Eropa), www.nasa.gov, editor: Karl Hille


#terimakasihgoogle dan #terimakasihnasa

Belum ada Komentar untuk "Galaksi Megamaser Hubble"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel