Kunang-Kunang Kosmik Hubble

gugus-galaksi-abel-2163-informasi-astronomi
Kredit gambar: ESA/Hubble dan NASA

Ribuan galaksi bersinar seperti kunang-kunang dalam gambar spektakuler yang diambil oleh Teleskop Antariksa Hubble kolaborasi antara NASA dan ESA. Kawanan kunang-kunang kosmik ini adalah sebuah gugus galaksi yang diberi nama Abell 2163.

Abell 2163 adalah salah satu gugus galaksi dari katalog Abell, katalog langit yang telah mendokumentasikan lebih dari 4.000 gugus galaksi. Abel 2163 telah dipelajari dengan intens, karena material di inti gugus (medium antargugus) menunjukkan sifat yang luar biasa, termasuk lingkaran halo spektrum radio terang dan berukuran besar, suhu yang sangat tinggi dan luminositas sinar-X. Abel 2163 adalah gugus terpanas di dalam katalog! Studi terhadap gugus galaksi raksasa seperti Abell 2163 dapat memberikan kontribusi untuk mengungkap sifat materi gelap dan memberikan perspektif baru tentang alam semesta jauh melalui fenomena kosmik seperti lensa gravitasi.

Gambar ini diambil oleh Advanced Camera for Surveys dan Wide-Field Camera 3 Hubble, sebagai bagian dari program observasi ekstensif RELICS. Program ini telah mencitrakan 41 gugus galaksi masif untuk menemukan galaksi-galaksi jauh yang paling terang dan akan dipelajari secara lebih rinci, baik menggunakan teleskop generasi saat ini maupun maupun teleskop antariksa masa depan James Webb.

Ditulis oleh: Staf ESA (Badan Antariksa Eropa), www.nasa.gov, editor: Karl Hille


#terimakasihgoogle dan #terimakasihnasa

Belum ada Komentar untuk "Kunang-Kunang Kosmik Hubble"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel