Ornamen Liburan Nebula Hubble

nebula-planeter-ngc-6326-hubble-informasi-astronomi
Kredit: ESA/Hubble & NASA

Teleskop Antariksa Hubble NASA telah mengambil citra yang menyerupai ornamen liburan penuh warna di ruang angkasa. Gambar ini adalah NGC 6326, sebuah nebula planeter dengan gumpalan molekul gas yang berpijar dan menyala yang dihasilkan oleh kematian dramatis sebuah bintang.

Setelah usai menjalani tahap evolusi menjadi raksasa merah, lapisan-lapisan gas terluar bintang terkelupas dan hanya akan menyisakan inti bintang yang panas dan padat disebut katai putih. Terkadang proses terkelupasnya lapisan-lapisan terluar bintang menghasilkan pola simetris elegan yang diciptakan oleh molekul gas yang menyala, namun NGC 6326 justru menghasilkan pola yang tidak terstruktur dengan baik. NGC 6326 terletak sekitar 11.000 tahun cahaya dari Bumi di rasi Ara atau Thytêrios, bahasa Yunani untuk Altar.
   
Nebula planeter adalah salah satu cara utama untuk menyebarkan elemen logam (elemen yang lebih berat daripada hidrogen dan helium) ke ruang angkasa setelah ditempa di inti bintang. Pada akhirnya, elemen logam akan menjadi bahan baku untuk membentuk bintang dan planet generasi selanjutnya.

Citra NGC 6326 diproses dari beberapa gambar yang diambil oleh Wide Field Planetary Camera 2 Hubble. Warna cerah biru dan merah berasal dari material termasuk oksigen dan hidrogen terionisasi yang menyala karena radiasi ultraviolet intens dari bintang induk yang masih panas.

Ditulis oleh: Staf Badan Antariksa Eropa (ESA), www.nasa.gov, editor: Karl Hille


#terimakasihgoogle

Belum ada Komentar untuk "Ornamen Liburan Nebula Hubble"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel