Seberapa Cepat Ekspansi Alam Semesta?

Inilah video sains terbaru tentang kontroversi Konstanta Hubble. Konstanta Hubble adalah kunci untuk mengetahui umur alam semesta dan segala sesuatu yang ada di dalamnya.


Kita tahu alam semesta terus meluas, lantas seberapa cepat laju ekspansinya? Pertanyaan ini telah dipikirkan oleh para para astronom sejak tahun 1930an. Pada saat itulah, observasi astronom legendaris Edwin Hubble (nama yang disandang Teleskop Antariksa Hubble NASA) bersama para astronom lainnya membuktikan kebenaran ekspansi alam semesta. Konstanta Hubble atau H0 (diucapkan “H-naught”), adalah lambang yang digunakan oleh para astronom untuk laju ekspansi alam semesta. Mereka telah mengemukakan nilai numerik Konstanta Hubble selama beberapa dekade. Dalam waktu 15 tahun terakhir, ada kesepakatan umum bahwa dua pengamatan terhadap dua benda langit (supernova Tipe 1a dan latar belakang gelombang mikro kosmik) dapat digunakan untuk mendefinisikannya. Tapi, dalam rentang waktu 15 tahun tersebut, justru muncul pertentangan untuk menentukan Konstanta Hubble. 

Video sains terbaru besutan NASA menjelaskan lebih banyak hal tentang Konstanta Hubble, termasuk alasan mengapa para astronom sekarang justru terpecah-belah dalam menentukan nilai Konstanta Hubble. Video juga menjelaskan mengapa nilai numerik H0 adalah kunci untuk memahami umur alam semesta kita dan jumlah relatif materi normal, materi gelap dan energi gelap, termasuk berspekulasi dari mana sebaiknya para astronom memulainya.

Untuk membaca transkip video, kunjungi link: Hubble's Contentious Constant 

Ditulis oleh: Deborah Byrd, earthsky.org


#terimakasihgoogle

Belum ada Komentar untuk "Seberapa Cepat Ekspansi Alam Semesta?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel