Hubble Melihat Gugus Galaksi Melengkungkan Ruang dan Waktu

gugus-galaksi-abell-2537-hubble-informasi-astronomi
Kredit: ESA/Hubble/NASA

Pemandangan kosmik indah yang dibidik oleh Teleskop Antariksa Hubble kolaborasi antara NASA dan ESA ini, menjelajah hingga ke lingkungan alam semesta jauh untuk mengungkap sebuah gugus galaksi yang disebut Abell 2537.

Gugus galaksi semacam itu terdiri dari ribuan galaksi dari segala umur, bentuk dan ukuran. Jika disatukan, mereka membentuk ikatan kosmik yang mengandung massa ribuan kali lipat lebih besar daripada Bima Sakti. Gugus galaksi adalah pengelompokan galaksi yang bersifat kolosal, salah satu struktur terbesar di alam semesta yang disatukan oleh gaya gravitasi.

Gugus galaksi kerap dimanfaatkan untuk mempelajari fenomena misterius seperti energi gelap dan materi gelap. Gaya gravitasi Gugus Abell 2537 melengkungkan jalinan ruang dan waktu di sekitarnya dan mendistorsi cahaya yang melaluinya. Fenomena ini menghasilkan efek pelipatgandaan karena memperkuat cahaya sehingga memungkinkan para astronom untuk mengungkap objek-objek redup latar belakang. Abell 2537 adalah lensa alami yang sangat efisien, sebagaimana diperlihatkan oleh garis-garis menyerupai busur di dalam gambar. Mereka sebenarnya adalah galaksi-galaksi latar belakang yang cahayanya diperkuat oleh medan gravitasi gravitasi Abell 2537 dari sudut pandang para pengamat di Bumi.

Pemandangan spektakuler ini ditangkap oleh Advanced Camera for Surveys and Wide-Field Camera 3 Hubble, sebagai bagian dari program observasi RELICS.

Ditulis oleh: Staf ESA (Badan Antariksa Eropa), www.nasa.gov, editor: Karl Hille


#terimakasihgoogle dan #terimakasihnasa

Belum ada Komentar untuk "Hubble Melihat Gugus Galaksi Melengkungkan Ruang dan Waktu"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel