Terobosan China dalam Misi Pendarat Bulan Chang'e 4 pada tahun 2018

misi-pendarat-bulan-change-4-china-informasi-astronomi

Tahun 2018, kita akan menjadi saksi sebuah terobosan dalam eksplorasi Bulan. China merencanakan misi yang jika berhasil, akan mencatatkan rekor pertama pendaratan di sisi jauh Bulan.

Bagian pertama misi antariksa Chang'e 4 China dijadwalkan meluncur pada bulan Juni. Roket Long March 4C akan memuat satelit relay seberat 425 kg dan menempatkannya sekitar 60.000 km di belakang Bulan. Peluncuran kedua pada tahun yang sama, akan menempatkan wahana pendarat dan penjelajah ke sisi jauh Bulan untuk menemukan tempat mendarat yang aman bagi satelit.

Pendarat Chang'e 4 dilengkapi oleh seperangkat instrumen untuk mempelajari kondisi geologi di wilayah sisi jauh Bulan dan sebuah kontainer yang terbuat dari logam campuran aluminium yang diisi benih-benih tumbuhan dan serangga. Mereka akan digunakan untuk menguji apakah tumbuhan dapat ditanam dan apakah hewan dapat berkembang biak di Bulan.

“Kontainer akan mengirim kentang, benih tumbuhan arabidopsis dan telur ulat sutera ke permukaan Bulan. Telur akan menetas menjadi ulat sutra yang dapat menghasilkan karbon dioksida, sementara kentang dan benih menghasilkan oksigen melalui proses fotosintesis. Secara bersama-sama, mereka mungkin dapat membentuk ekosistem sederhana di Bulan,” kata kepala perancang kontainer Zhang Yuanxun kepada Chongqing Morning Post, menurut China Daily.

Ada keuntungan lain menggelar misi di sisi jauh Bulan. Teleskop radio yang ditempatkan di sana tidak terganggu oleh sinyal-sinyal radio yang berasal dari Bumi, seperti radio FM dan ionosfer planet.

Profesor astrofisika Heino Falcke dari Universitas Radboud di Nijmegen (Belanda) menjelaskan kepada Guardian, bahwa dia telah melakukan komunikasi dengan tim misi Chang'e 4, dan berharap agar teleskop radio miliknya dapat disertakan dalam misi. Falcke ingin menggunakan teleskop radio untuk mendeteksi gelombang radio berfrekuensi rendah dari alam semesta awal.

“Saya pikir kami telah membangun hubungan yang baik dengan China dan ada niat baik dari kedua belah pihak untuk mewujudkannya,” pungkas Falcke.

Ditulis oleh: Staf sputniknews.com


#terimakasihgoogle

Belum ada Komentar untuk "Terobosan China dalam Misi Pendarat Bulan Chang'e 4 pada tahun 2018"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel