Kwanzaa Tholus di Ceres

kwanzaa-tholus-di-ceres-informasi-astronomi
Kredit Gambar: NASA/JPL-Caltech/UCLA/MPS/DLR/IDA

Apa itu tholus? Tholus adalah sejenis gunung kecil. Gambar-gambar ini menunjukkan ciri khas dari planet katai Ceres yang disebut Kwanzaa Tholus. Kwanzaa, yang berarti “buah sulung” (persembahan hasil panen pertama) di Swahili, adalah festival Afrika-Amerika yang didasarkan pada perayaan panen Afrika kuno, dan berlangsung setiap tahun dari tanggal 26 Desember hingga 1 Januari.

Kwanzaa Tholus berukuran sekitar 35x19 kilometer dengan tinggi sekitar 3 km. Karena puncak gunung tidak kerucut, maka agak sulit untuk melihatnya di mosaik gambar sebelah kiri, meskipun gunung membentuk bayangan seperti tonjolan sabit kecil. Gambar di sebelah kanan, yang merupakan peta elevasi di wilayah tersebut, menunjukkan lokasi paling menonjol tempat Kwanzaa Tholus berada.

Kwanzaa Tholus yang berbentuk bulat adalah ciri khas tholi (kata jamak dari tholus), meskipun berbeda dari gunung-gunung lain yang ditemukan di Ceres (seperti Dalien Tholus) dan di Mars. Wilayah ini sangat kaya akan fitur jenis tholus ini. Peta Ceres saat ini menunjukkan enam nama untuk tholi dan montes (pegunungan yang sedikit lebih besar) di wilayah ini (berpusat di sekitar 32 derajat ke utara dan 327 derajat ke timur) dan beberapa lainnya termasuk Ahuna Mons yang terletak lebih jauh ke selatan.

Para ilmuwan menduga Kwanzaa Tholus dulu mirip dengan Ahuna Mons, gunung tertinggi dan paling mencolok di Ceres. Ahuna Mons mungkin adalah cryovolcano atau gunung berapi es, yang terbentuk oleh akumulasi aliran lambat material es. Karena es tidak cukup kuat untuk mempertahankan ketinggian struktur dalam waktu yang lama, cryovolcano diperkirakan berangsur-angsur runtuh selama puluhan juta tahun. Berarti Kwanzaa Tholus dan tholi lainnya di wilayah tersebut mungkin adalah gunung yang terdegradasi, yang juga terbentuk dari aktivitas cryovolcano.

Ditulis oleh:  Staf www.nasa.gov, editor: Yvette Smith


#terimakasihgoogle dan #terimakasihnasa

Belum ada Komentar untuk "Kwanzaa Tholus di Ceres"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel