Semua Bersinar

enceladus-bulan-saturnus-informasi-astronomi
Kredit: NASA/JPL-Caltech/Institut Sains Antariksa

Enceladus, salah satu bulan Saturnus, melayang di depan cincin yang bersinar terang di bawah sinar Matahari. Di balik permukaan eksteriornya yang dingin, Enceladus menyembunyikan samudera raya air cair. Terlihat di kutub selatan Enceladus (bagian bawah gambar) adalah kepulan partikel air es dan material lainnya yang bersumber dari samudera air cair di bawah permukaan yang bocor melalui retakan-retakan es. Titik terang di sebelah kanan Enceladus adalah sebuah bintang jauh.

Gambar ini diambil dalam cahaya kasat mata oleh kamera sudut sempit pesawat antariksa Cassini NASA dari jarak sekitar 145.000 kilometer pada tanggal 06 November 2011.

Cassini telah mengakhiri misinya pada tanggal  15 September 2017.

Misi Cassini adalah proyek kerjasama antara NASA, ESA (Badan Antariksa Eropa) dan Badan Antariksa Italia. Laboratorium Propulsi Jet (JPL) NASA, salah satu divisi California Institute of Technology (Caltech), mengelola misi pesawat antariksa Cassini untuk Direktorat Misi Ilmu Pengetahuan NASA di Washington. Dua kamera pengorbit Cassini dirancang, dikembangkan dan dipasang di JPL. Pusat operasi pencitraan berbasis di Institut Sains Antariksa di Boulder, Colorado.

Ditulis oleh: Staf www.nasa.gov, editor: Tony Greicius

Sumber: All Aglow

#terimakasihgoogle dan #terimakasihnasa

Belum ada Komentar untuk "Semua Bersinar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel