Hubble Menampilkan Sebuah Galaksi Spiral Katai

Kredit gambar : ESA/Hubble & NASA

Subjek gambar yang dibidik oleh Teleskop Antariksa Hubble NASA/ESA ini adalah sebuah galaksi katai NGC 5949. Terletak relatif dekat dengan Bumi pada jarak sekitar 44 juta tahun cahaya, NGC 5949 berada di lingkungan kosmik Bima Sakti. NGC 5949 adalah target sempurna bagi para astronom yang mempelajari galaksi-galaksi katai.

Dengan massa sekitar seperseratus Bima Sakti, NGC 5949 merupakan sampel yang cukup besar bagi sebuah galaksi katai. Klasifikasinya sebagai galaksi katai disebabkan oleh jumlah bintang di dalamnya yang relatif sedikit, meskipun lengan-lengan spiral yang longgar menempatkannya ke kategori galaksi spiral berbatang. Struktur yang terlihat dalam gambar menunjukkan NGC 5949 sebagai galaksi kincir angin terang yang agak sulit didefinisikan. Meskipun kecil, jarak yang relatif dekat dari Bumi membuat NGC 5949 cukup jelas diamati menggunakan teleskop sederhana, sekaligus memudahkan astronom William Herscel untuk menemukannya pada tahun 1801.

Para astronom berungkali mengalami kesulitan saat mempelajari galaksi-galaksi katai seperti NGC 5949. Misalnya, cuspy halo atau distribusi materi gelap di dalam galaksi katai yang cukup membingungkan dan missing satellites atau seharusnya ada lebih banyak galaksi katai di sekitar kita menurut simulasi kosmos.

Ditulis oleh: Staf www.nasa.gov, editor: Karl Hille


#terimakasihgoogle dan #terimakasihnasa

Belum ada Komentar untuk "Hubble Menampilkan Sebuah Galaksi Spiral Katai"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel